Gerakan Pramuka Kwarran Pamarican Siap Mengikuti Perlombaan Tingkat Kwarcab Kabupaten Ciamis

Gerakan Pramuka Kwarran Pamarican

Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com — Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Pamarican, melaksanakan kegiatan Gerakan Nanam Padi (GNP), dan Gerakan Nanam Palawija (GNP) Jagung, di Pangkalan Gugus Depan SD Negeri 1 Kertahayu, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Senin (27/05/2024) kemarin.

Kegiatan ini diikuti oleh jajaran pengurus Mabiran, Mabisa, Pengurus Kwarran, Dewan Kerja Ranting (DKR), Pembina Pramuka dari SMA/SMK/MA se-Kecamatan Pamarican, serta Anggota Pramuka Penggalang di Gugus Depan SD Negeri 1 Kertahayu.

Ketua Kwarran Pamarican, Baehaki Efendi, S.Pd., Selasa (28/05/2024), menjelaskan bahwa kegiatan GNP yang dilaksanakan ini akan diperlombakan di Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Ciamis.

Kompetisi tersebut akan diikuti oleh sebanyak 27 Kwarran Pramuka se-Kabupaten Ciamis, dan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka menyambut HUT Pramuka ke-63 Tingkat Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Barat, yang akan dilaksanakan pada Bulan Agustus mendatang, di Kabupaten Ciamis.

Mengikuti Perlombaan Tingkat Kwarcab Kabupaten Ciamis

Baehaki, menambahkan bahwa kegiatan GNP ini bertujuan untuk memotivasi Anggota Pramuka, dan masyarakat, bahwa meskipun tidak memiliki Lahan Sawah, mereka masih bisa menanam padi.

“GNP ini sarat pesan, khususnya bagi Anggota Pramuka, dan warga masyarakat, yang tidak memiliki sawah. Kita masih bisa menanam padi dengan media polybag, ember plastik bekas, ember kemasan cat, galon bekas, dan media lainnya. Media ini menggunakan campuran tanah di bawah pohon bambu, kotoran hewan, dan sekam bakar yang diaduk menjadi satu, lalu difermentasikan,” jelas Baehaki.

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *