Pj Bupati Ciamis : Upacara Adat Nyangku Sebagai Wadah Ekspresi Budaya dan Kearifan Lokal

Kabupaten Ciamis, analisaglobal.com – Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna, bersama unsur Forkopimda, budayawan dan para tokoh masyarakat sama-sama menghadiri upacara adat sakral Nyangku yang berlangsung di Lapang Borosngora, Kecamatan Panjalu, Senin (30/9/2024).

Upacara yang rutin diadakan setiap tahun ini menjadi momen penting bagi masyarakat setempat untuk menjaga dan melestarikan tradisi budaya warisan leluhur.

Upacara Nyangku dilaksanakan sebagai ritual untuk mencuci dan membersihkan benda-benda pusaka peninggalan Raja Panjalu, Prabu Sanghyang Borosngora.

Proses upacara dimulai dengan arak-arakan benda pusaka tersebut menuju Alun-Alun Panjalu, di mana benda-benda bersejarah ini kemudian disucikan menggunakan air dari sembilan mata air yang dianggap keramat.

Dalam sambutannya, Engkus Sutisna menekankan bahwa Tatar Galuh Ciamis memiliki keanekaragaman budaya yang kaya, baik dalam bentuk Warisan Budaya Benda (WBB) maupun Warisan Budaya Tak Benda (WBTB).

“Tradisi Nyangku ini merupakan kebanggaan yang patut kita lestarikan dan kembangkan dalam segala aspek pembangunan, baik fisik maupun sumber daya manusia.”

Baca Juga Dapat Bantuan Rutilahu Dari DPRKPLH Kabupaten Ciamis, Ini Ungkapan KPM !!!

Pj Bupati menambahkan bahwa Nyangku bukan hanya sekadar ritual, melainkan juga merupakan wadah untuk mengekspresikan ide, gagasan, dan karya dalam bentuk kesenian tradisional dan kontemporer.

About analisaglobal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *